Selasa, 18 Desember 2012

PERKANDANGAN SAPI POTONG


Perkandangan merupakan segala aspek fisik yang berkaitan dengan kandang dan sarana maupun prasarana yang bersifat sebagai penunjang kelengkapan dalam suatu peternakan. Sarana fisik tersebut antara lain kantor pengelola, gudang, kebun hijauan pakan, dan jalan.  
Kandang berfungsi untuk melindungi sapi potong dari terik matahari, hujan, udara dingin, terpaan angin, tempat sapi beristirahat dengan nyaman, tempat mengumpulkan kotoran, melindungi sapi dari hewan pengganggu dan memudahkan pelaksanaan pemeliharaan. Pemilihan lokasi kandang harus memperhatikan faktor lingkungan yang meliputi tidak berdekatan dengan pemukiman penduduk, pembuangan limbah yang baik, tersedia air bersih yang cukup, jarak kandang dengan rumah penduduk sekitar 10 m, letak kandang sekitar 20-30 cm lebih tinggi dari permukaan lahan sekitarnya.
Pembuatan kandang sapi potong perlu memperhatikan konstruksi kandang.  Hal-hal yang termasuk dalam konstruksi kandang yaitu atap kandang, dinding kandang, lantai kandang, tempat pakan dan minum, gang/jalan, dan selokan. Atap dapat berupa genting, asbes, seng, atau rumbia. Bahan atap yang paling baik adalah dari bahan genting dan asbes karena tidak menimbulkan panas, sedangkan atap kandang dari bahan seng dapat menyebabkan suhu udara dalam kandang sangat panas. Apabila atap terbuat dari genting, maka kemiringannya 30-450 sedangkan atap yang terbuat dari asbes dan seng kemiringannya 15-200. Ketinggian atap yang terbuat dari genting adalah 4,5 m untuk lokasi kandang di dataran rendah sampai  menengah dan 4 m untuk lokasi kandang di dataran tinggi, sedangkan atap kandang dari bahan asbes dan seng ketinggiannya 4 m untuk lokasi kandang di dataran rendah sampai menengah dan 3,5 m untuk lokasi kandang di dataran tinggi.
Dinding kandang dapat dibuat dari tembok semen atau papan kayu dengan ketinggian kurang lebih 1,5 m dari lantai kandang. Lantai kandang dapat dibuat dari semen, batu-batuan, atau tanah. Struktur lantai kandang harus rata, tidak licin, tidak terlalu keras atau tajam, tahan lama dan murah. Lantai kandang harus dibuat agak miring  sekitar 5-100 sehingga air bisa mengalir dan mudah dibersihkan. Kandang perlu dilengkapi dengan tempat pakan dan minum. Panjang tempat pakan beserta air minum adalah selebar tempat sapi yakni sekitar 1,45 – 1,50 m. Penyekat antara air minum dan ransum setebal 7,5 – 10 cm. Panjang tempat ransum adalah 95 – 100 cm, lebar 50 cm, dan kedalaman 40 cm. Panjang tempat air minum adalah 45 – 55 cm, lebar 50 cm, dan kedalaman 40 cm. Letak gang disesuaikan dengan tipe kandang, jika kandang terdiri dari dua lajur, gang bisa ditempatkan di tengah. Gang dibuat dengan lebar 1-1,5 m. Selokan dibuat tepat di belakang jajaran ternak dengan lebar 40-50 cm, kedalaman 15-20 cm.  
Ada 2 macam model kandang sapi yaitu kandang bebas (loose housing) dan kandang konvensional (conventional/stanchion barn). Kandang bebas merupakan kandang terbuka tanpa penyekat antara ternak sehingga ternak bebas bergerak pada areal yang cukup luas. Kandang konvensional merupakan kandang yang diberi penyekat sehingga ternak tidak mempunyai kesempatan untuk bergerak bebas. Ada dua tipe kandang konvensional yaitu kandang tipe tunggal dan tipe ganda. Penempatan sapi dalam satu baris biasa dilakukan jika menggunakan kandang tipe tunggal. Kandang tipe ganda, penempatan sapi dilakukan dengan membuat dua baris atau jajaran dengan saling berhadapan atau saling bertolak belakang dan di antara kedua baris sapi itu dibuat jalur untuk jalan.
Penempatan sapi-sapi dalam kandang dapat dilakukan pada satu baris atau satu jajaran. Penempatan sapi juga dapat dilakukan dengan dipisahkan sesuai statusnya yaitu antara sapi bakalan dan sapi yang sudah siap jual. Ukuran kandang pemeliharaan untuk satu ekor sapi dewasa adalah panjang 2,10 m dan lebar 1,45 m untuk sapi lokal, sedangkan sapi impor panjang 2,10 m dan lebar  1,50 m.
Sarana maupun prasarana yang bersifat sebagai penunjang kelengkapan dalam suatu peternakan antara lain kantor pengelola, rumah karyawan, gudang, kebun hijauan pakan, jalan, reservoir air, dan tempat pembuangan kotoran. Kantor kelola merupakan pusat pengelolaan dan pengawasan peternakan dan administrasinya. Letaknya sebaiknya berada di depan lokasi kandang dengan jarak sekitar 25-50 m dari kandang. Rumah karyawan digunakan sebagai tempat tinggal karyawan guna pengawasan atau keamanan ternak dan lingkungannya. Gudang merupakan salah satu sarana dalam perkandangan. Gudang dapat digunakan  untuk menyimpan pakan maupun peralatan. Kebutuhan pakan bagi ternak sapi akan selalu terpenuhi dengan adanya gudang penyimpanan pakan . Kebun hijauan sangat diperlukan untuk menunjang pemenuhan pakan hijauan bagi ternak. Luasnya disesuaikan dengan jumlah ternak yang dipelihara. Jalan berfungsi untuk mempermudah pengawasan dan pengontrolan lokasi. Reservoir dapat berupa bak tanam maupun menara air . Bak-bak penampung air ini berfungi untuk memenuhi kebutuhan air minum ternak, pembersihan kandang dan untuk memandikan ternak . Tempat pembuangan kotoran sangat penting dalam perkandangan. Jarak tempat pembuangan kotoran sekurang-kurangnya 10 m dari kandang.



Daftar Pustaka 
Asmaki, A. P., H. Masturi, dan T. D. Asmaki. 2008. Agribisnis Ternak Sapi. CV. Pustaka Grafika, Bandung.
Rianto, E. dan E. Purbowati. 2009. Panduan Lengkap Sapi Potong. Penebar Swadaya, Jakarta.     Rukmana. 2009. Usaha Penggemukan Sapi Pedaging Secara Intensif. Titian Ilmu, Bandung.
Santosa, U. 2006. Manajemen Usaha Ternak Potong. Penebar Swadaya, Jakarta.
Santosa, U. 2008. Mengelola Peternakan Sapi Secara Profesional. Penebar Swadaya, Jakarta
Siregar, S.B. 2008. Penggemukan Sapi. PT Penebar Swadaya, Jakarta
 
  

8 komentar:

  1. kalo manusia kan gak boleh pake asbes karena dapat menyebabkan resiko penyakit, kalo asbes dipakaikan ke sapi juga ada pengaruh seperti itu kah?? oya, penjelasan tentang atap dari rumbia bagaimana? apa kelebihan dan kekurangannya?
    terus kapan sebaiknya kita menggunakan kandang tunggal dan kandang ganda??

    BalasHapus
    Balasan
    1. penggunaan asbes sebagai atap kandang lebih berpengaruh terhadap suhu dalam kandang. pada daerah yang panas, suhu dalam kandang yang menggunakan atap asbes akan sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan atap genting atau rumbia.dengan suhu yang lebih tinggi tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap konsumsi pakan, sehingga akhirnya berpengaruh terhadap performans dari ternak tersebut. tetapi untuk daerah dingin, asbes dapat digunakan sebagai atap kandang yang baik.
      pemakaian atap dari rumbia mempunyai keuntungan diantaranya baik digunakan di daerah yang panas, karena dapat membantu menyejukkan suhu dalam kandang, selain itu lebih ekonomis. sedangkan kekurangannya bahan rumbia cenderung cepat rusak terutama karena terpaan angin.
      untuk penggunaan kandang tunggal biasanya digunakan jika jumlah sapi yang dipelihara sedikit.sedangkan untuk jumlah sapi yang banyak lebih baik menggunakan kandang ganda, karena dapat menghemat lahan.

      Hapus
  2. apa manfaat merancang kandang sapi potong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak manfaat dari merancang kandang, diantaranya :
      1. kita dapat membuat suhu dalam kandang nyaman bagi sapi, dengan memperhatikan kondisi suhu daerah kandang dan menentukkan tipe kandang yang tepat.
      2. dapat menentukkan bahan-bahan kandang yang akan digunakan, tentunya yang tepat sesuai dengan tipe kandang yang ditentukan, sehingga nilai ekonomisnya juga dapat diketahui
      3. perancangan kandang juga dapat membantu kita dalam merencanakan kaitannya dengan efektifitas dan efisiensi tenaga kerja.
      Tetapi pada intinya dengan merancang kandang kita dapat membuat kondisi kandang yang nyaman bagi sapi. karena dengan kondisi yang nyaman tersebut performans sapi potong yang digemukkan bisa tercapai dengan baik.

      Hapus
  3. mas, mau numpang nambah ilmu...
    kan di dalam kandang, sapi bisa dibuat saling berhadapan atau saling membelakangi. kira2 manfaat n kekurangan masing2 apa ya?

    _salam potong mania_

    BalasHapus
  4. penempatan sapi yang berhadapan, dengan gang ditengah,
    keuntungannya :
    1. pemberian pakan mudah dilakukan, karena sekali jalan kedua kelompok ternak dapat dilayani
    2. kandang sistem ini merupakan pilihan terbaik untuk areal perkandangan yang sempit
    3.sinar matahari langsung mengenai saluran pembuangan kotoran sehingga dapat membuhun bibit penyakit.
    4.ternak mudah dimasukkan ke dalam kandang.
    kekurangannya :
    1.sanitasi kandang tidak dapat dilakukan dengan sekali jalan
    2.mudah terjadi penularan penyakit melalui pernafasan
    3.untuk sapi betina, pengamatan birahi lebih sulit dilakukan,karena harus berputar kebagian samping kandang agar dapat melihat bagian belakang sapi

    penempatan sapi saling membelakangi, dengan gang ditengah,
    keuntungan:
    1.mudah dalam sanitasi kandang, karena dapat dilakukan dengan sekali jalan
    2.penularan penyakit melalui pernafasan dapat dikurangi
    3.pada sapi betina, pengamatan birahi lebih
    mudah.sekali jalan dapat mengamati dua sisi bagian belakang ternak
    4.model ini membuat kandang terlihat luas dan terbuka
    kekurangannya:
    1.sinar matahari tidak dapat langsung menyinari saluran kotoran
    2.pemberian pakan tidak dapat dilakukan dengan sekali jalan
    dalam memasukkan ternak lebih susah bila dibandingkan dengan sistem saling berhadapan

    kira-kira seperti itu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing model penempatan sapi dalam kandang

    BalasHapus
  5. menurut anda perkandangan yang baik untuk sapi potong seperti apa ? dilihat dari segi efisien dan manfaatnya bagi ternak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya perkandangan yang baik yaitu dimana semua sarana penunjang peternakan ada.seperti kandang,gudang pakan,penampungan air,lahan hijauan,tempat pembuangan feses,kantor,dll.untuk kandang sendiri dibuat dengan model konvensional tipe ganda,agar menghemat lahan.dengan jarak antar kandang sama dengan lebar kandang.jarak pembuangan kotoran minimal 10m dari kandang.antar bangunan kandang ditanami pepohonan,selain untuk memecah angin agar tidak mengenai ternak secara langsung, juga dapat menurunkan suhu disekitar lingkungan kandang.kandang dibuat dengan atap monitor dengan bahan genting.dengan konsep seperti ini, dapat membantu dalam pencapaian performans, karena kandang nyaman untuk ternak serta harga bahan kandang relatif murah.ada lahan hijauan agar hijauan tidak perlu beli.dan dengan adanya gudang, dapat membantu dalam penyimpanan bahan pakan. kira kira seperti itu gambaran perkandangan yang baik menurut saya.

      Hapus